Top 5 PHP Framework 2015

Top 5 PHP Framework 2015Top 5 PHP Framework 2015

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang paling populer digunakan untuk membuat suatu situs atau website. Menurut survery yang dilakukan oleh W3Techs, terdapat 82% web server diseluruh dunia menggunakan PHP. Didalam sebuah pengembangan berbasis PHP terdapat beberapa framework yang biasanya digunakan oleh web developer untuk membantu dan mempermudah dalam membangun sebuah aplikasi website. Berikut ini adalah Top 5 PHP Framework 2015 yang sering digunakan yaitu :

1. Laravel

Laravel merupakan sebuah framework berbasis PHP yang sangat ekspresif. Ia juga memiliki sintaks yang elegan, yang bertujuan untuk mengurangi kesulitan setiap developer dalam penggunaannya, seperti otentikasi, routing dan cache. Laravel diciptakan untuk membantu developer membangun sebuah aplikasi yang kuat dan besar, dengan wadah kontrol inversi, migrasi sistem dan didukung oleh unit integrasi.

2. Symfony

Symfony merupakan sebuah framework PHP yang dibangun untuk dapat mempercepat penciptaan dan pemeliharaan sebuah aplikasi web. Dengan menggunakan standart “de facti” yang sudah ada, seperti PHPUnit, dan konvensi penamaan untuk kelas, tidak terbatas hanya di dalam lingkungan Symfony saja, tetapi memiliki kebebasan untuk memilih komponen perangkat lunak yang ingin digunakan.

3. CodeIgniter

CodeIgniter dibangun untuk mereka yang membutuhkan sebuah toolkit sederhana namun tetap elegan untuk kemudian membangun aplikasi website dengan fitur yang lengkap. CodeIgniter tidak membutuhkan konfigurasi, ia juga tidak membatasi aturan untuk pengkodean yang ia buat, dan juga menawarkan solusi sederhana untuk sebuah kebutuhan membangun sebuah aplikasi yang kompleks.

4. CakePHP

CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang gratis dan open source. CakePHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis bahasa pemrograman PHP. CakePHP juga menjadi salah satu framework pilihan yang memungkinkan seorang pengembang web untuk membuat sebuah aplikasi dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks. CakePHP membuang proses monoton dalam pengembangan aplikasi web. CakePHP menyediakan semua alat bantu yang diperlukan untuk memulai tugas coding yang perlu diselesaikan: yaitu logika aplikasi. Daripada membuat sesuatu yang baru setiap memulai proyek baru, pengguna dapat meninjau unduhan CakePHP dan mulai fokus kepada logik aplikasi yang hendak dibangun.

5. Zend Framework

Zend Framework adalah framewok open source PHP berbasis object oriented yang mengimplementasikan MVC dengan arsitektur use-at-will yang memungkinkan programer menggunakan ulang (reuse) sebuah komponen kapanpun diinginkan tanpa membutuhkan komponen Zend Framework lainnya, sehingga meminimalisasi ketergantungan.

Leave a comment

comments